Monday, February 19, 2007

Janggal

whaaaaaaaaaattttt................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

seruan spontan itu begitu aja keluar dari mulutku setelah membaca tulisan di sebuah spanduk putih. Ceritanya begini niy:

Seperti biasa, setiap pagi, kl lagi di jakarta, aku jadi tukang ojek. Alias nganterin adik kerja ke kantornya. Hari-hari sebelumnya, aku hanya menghabiskan waktu tempuh dari bilangan Pondok Kelapa (rumahku) ke Tebet hingga pulang lagi ke rumah, cuma 30 menit pake motor. Tapi, itu ngga terjadi di hari kemarin (Senin). Aku harus rela bermacet-macet ria. 1,5 jam euy......!!!!!

Sewaktu pergi, aku udah merasa ada yang aneh dalam perjalanan ini. "Pasti ada sesuatu kejadian nih di depan sana. Entah itu ada mobil mogok atau ada kecelakaan," kataku dalam hati. Makin macet, makin penasaran. Dan ingin tau apa yang sebenarnya terjadi.

Sekitar satu jam, aku baru sampai di flyover Kampung Melayu. "Oooo..... ternyata di situ toh biang keroknya," ujarku sambil ngedumel. Di ujung flyover, ternyata ada sekitar 15 truk sampah yang sedang berbaris (arah pulang-pergi). Yup..!!! Truk-truk itu memang sedang bersiap-siap dimuati sampah-sampah bekas banjir lalu.

Kekesalanku langsung surut melihat kondisi itu. Tapi, kenapa di saat lalu-lintas yang sedang padat itu, kok ngga ada petugas yang ngatur arus yah... "Mana polisi atau Pol-PP nya nih? tanyaku". Ah sudah lah.... waktu terus berjalan.... Gas poll.....

Sambil tengok kanan-kiri, aku melihat sebuah tulisan yang agak menggangguku.... Tulisan itu tertera di seluruh spanduk putih yang diikat di bak truk-truk tadi. Tulisannya:
"PEMDA DKI & PONDOK INDAH
Bersihkan sampah banjir....!!!"

Aku langsung bertanya-tanya dalam hati, "Apa sih maksudnya?". Tulisan itu berupa seruan? Berupa ajakan? Atau berupa suruhan? Dan siapa itu Pondok Indah? Lantas, siapa yang harus membersihkan? Atau itu sebuah spanduk aksi demonstrasi? Tapi, ngga tertulis siapa yang menyatakan itu. Kok sepertinya menyesatkan yah........Di ruang publik pula...!!!

Jadi, sebenarnya, spanduk itu dari siapa? oleh siapa? dan untuk siapa siy?
Ada rekans yang bisa comment untuk membantuku dalam pencerahan makna itu. Karena, bagiku, rangkaian kata-katanya itu amat mengganggu......

Tanpa mengurangi rasa terima kasih bagi pihak-pihak yang membersihkan sampah akibat banjir yah.

regards,
e.r.ic.s.a.m

No comments: